Pergerakan revolusi seni bonsai
Sudah sewajarnya dalam pergerakan seni akan selalu menciptakan satu lompatan tertentu, entah itu maju sedikit atau melompat jauh, karena memang zaman terus saja berkembang, maju. Dan tak pelak dalam kaidah seni bonsaipun terjadi hal demikian, terjadi satu lompatan. Lompatan lompatan tersebut membuat perubahan baik secara mendasar atau pada segi tertentu saja. Perubahan mendasar akan membuat satu seni lari dan meninggalkan teori klasik yang seolah telah menjadi doktrin permanen dari sebuah seni. Sebut saja tokoh seperti masahiko Kimura tokoh pebonsai yang sering disebut paling revolusioner dan banyak ditentang penggiat atau seniman bonsai pendahulunya. Oke sekarang kita saksikan beberapa video dari olah kreasinya, mengapa bisa disebut revolusioner... Ya...https://youtu.be/Q_x6ZO6tlmY
Seperti yang kita saksikan bersama ini adalah bonsai Bonsai karya maestro masahiko kimura, sahabat bisa saksikan sendiri betapa ada perbedaan mendasar antara bonsai bonsai klasik dengan karyanya. Banyak argumentasi diberbagai lokakarya yang menyerang jika karya masahiko ini tidak realistis dikatakan sebagai bonsai namun tak sedikit pula yang memberi pujian bahkan mengaggumi. Baginya menyajikan sesuatu yang indah adalah hal paling utama justru dia berbangga jika itu bukan bonsai, artinya jika itu bukan bonsai maka satu karya seni telah tercipta dan itu lahir dari tangannya. Artinya, seorang seniman memang memang seyogyanya begitu ber-daulat atas hasil karya karyanya....
Yang ini adalah salah satu bonsai karyanya yang sangat masyhur, sudah mendunia. sebagaimana yang kita lihat bukan pohonnya yang miring tapi media nya yang miring ya.... Dan hal ini dapat kita akuai bersama bahwasanya sebelum masahiko menciptakan gaya seperti ini sebelumnya belum pernah ada, dimanapun.
Juga dengan bonsai bonsai miliknya yang lain itulah yang membuatnya disebut revolusioner, karena ia berani menyajikan keindahan dengan menabrak beberapa aturan baku, atau pakem.....
Dan selain itu masih banyak lagi karya karya nya yang sangat fenomenal. Dimana karyanya ini selalu banyak titik fokus yang tidak melulu pada pohonnya saja namun juga pada ornamen pendukung seperti batu yang berundak dan sebagainya....
Bukan hanya masahiko saja namun jauh di sana entah itu di tanah air atau di luar negri sana masih banyak lagi gerak loncat seperti yang kita saksikan umpamanya dimana pohon dibuat seolah melilit patung pendekar dan walau sangat apsurt untuk dikatakan sebagai gerak manipulasi atau meniru gerak alam namun bonsai-bonsai ini seolah mampu menciptakan ruang estetis tersendiri.
Komentar
Posting Komentar